Saturday, December 8, 2012

Laporan PTK Wasito Setyadi

image

ABSTRAK

Wasito Setyadi. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Pada Materi Bioteknologi Melalui Difusi-Inovasi Praktikum Pembuatan Briket Bioarang Pada Siswa Kelas IX A Semester Genap SMP Negeri 3 Sidoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011. Wonogiri 2011.

Proses pembelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 3 Sidoharjo Kabupaten Wonogiri masih kurang menyenangkan. Para siswa belum menunjukkan semangat yang tinggi dan belum antusias mengikuti pelajaran IPA Biologi, sehingga prestasi belajar siswa cukup rendah. Pembelajaran yang menyenangkan merupakan situasi yang didambakan oleh semua pihak. Pembelajaran bermakna yang mampu memotivasi belajar siswa dapat diciptakan oleh guru biologi melalui praktikum biologi berbasis life skills.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah memberi informasi ilmiah dan gambaran faktual tentang Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Pada Materi Bioteknologi Melalui Difusi-Inovasi Praktikum Pembuatan Briket Bioarang pada Siswa Kelas IX A Semester Genap SMP Negeri 3 Sidoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011.

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2011 minggu keempat (Pertemuan Pertama/Siklus 1) dan bulan Februari 2011 minggu kedua (Pertemuan Kedua/Siklus 2) di SMP Negeri 3 Sidoharjo pada kelas IXA yang terdiri 33 siswa.

Hasil akhir penelitian menghasilkan peningkatan proses pembelajaran yang diikuti dengan kualitas pembelajaran sekaligus perubahan tingkah laku. Hasil lengkap ditunjukkan pada deskripsi proses pembelajaran dan hasil pembelajaran dimana pada akhir siklus kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan terlebih dahulu terlampaui.

Kata Kunci : Praktikum, Difusi-Inovasi, Briket Bioarang, Motivasi Belajar

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons