Thursday, December 13, 2012

Jurnal Belajar BERMUTU

Salah satu tugas yang harus dikerjakan oleh setiap peserta BERMUTU adalah jurnal belajar. Berikut ini contoh jurnal belajar peserta BERMUTU MGMP IPA SMP Sanggar 9 Kabupaten Wonogiri :

RPP IPA Kelas IX

Berikut ini Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran IPA untuk kelas IX SMP :

RPP IPA Kelas VIII

Berikut ini Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran IPA untuk kelas VIII SMP :

RPP IPA Kelas VII

Berikut ini Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran IPA untuk kelas VII SMP :

Kisi-Kisi Ujian Nasional 2012/2013

Ujian Nasional tahun pelajaran 2012/2013 semakin dekat. Menghadapi hal ini maka Badan Standar Nasional Pendidikan menerbitkan kisi-kisi ujian nasional.


Berikut ini kisi-kisi ujian nasional tahun pelajaran 2012/2013 untuk mata pelajaran IPA SMP :

Jadwal Kegiatan BERMUTU

Kegiatan BERMUTU di MGMP IPA SMP Sanggar 9 Kabupaten Wonogiri dilaksanakan dengan jadwal sebagai berikut :

Saturday, December 8, 2012

Laporan PTK Widya Ariyani

image

ABSTRAK

Widya Ariyani, S.Pd. UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI FLASH PADA PEMBELAJARAN IPA–FISIKA KELAS VII SMP NEGERI 3 SIDOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011. Penelitian Tindakan Kelas, SMP Negeri 3 Sidoharjo, September 2011.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media animasi flash dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA-Fisika Kelas VII SMP Negeri 3 Sidoharjo Tahun Pelajaran 2010/ 2011.

Penelitian ini dilakukan di kelas VII E SMP Negeri 3 Sidoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Planning, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dengan menggunakan media animasi flash, 2) Acting, yaitu melaksanakan pembelajaran sesuai perencanaan, 3) Observing, yaitu melakukan pengamatan dengan format pengamatan proses pembelajaran, 4) Evaluating, yaitu melakukan penilaian terhadap hasil penelitian, 5) Reflecting, yaitu data hasil observasi dan evaluasi dianalisis untuk menentukan tindakan dan perencanaan berikutnya. Pada siklus 1, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media animasi flash. Sedangkan pada siklus 2, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media animasi flash yang diperbaiki dengan pengulangan penayangan animasi dan penguatan dari guru.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media animasi flash dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA-Fisika Kelas VII SMP Negeri III Sidoharjo Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Peningkatan motivasi belajar ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Akibatnya, dengan meningkatnya motivasi belajar, hasil belajar siswa lebih meningkat.

Laporan PTK Slamet Riyadi, S.Pd

 

image

ABSTRAK

 

Slamet Ryadi, S.Pd, Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Eksperimen Pada Kelas VIII B SMP Negeri 2 Jatipurno Kab. Wonogiri Tahun 2010/2011 (Upaya Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan).

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Negeri 2 Jatipurno kabupaten Wonogiri berlangsung kurang efektif dan efisien hal ini tercermin dari tingkat penguasaan materi yang cenderung tidak bertahan lama, lebih dari 67 % siswa kelas VIII B belum dapat memahami kompetensi dasar dengan baik sehingga prestasi belajar mereka rendah. Setelah dilakukan observasi dan wanancara dengan siswa, kemudian dilanjutkan sharing ide dengan guru anggota peneliti , serta melihat hasil ulangan harian dan ulangan akhir semester pada kelas VIII, maka sebagai faktor utama yang diprediksikan sebagai penyebab rendahnya penguasaan / pemahaman kompetensi dasar IPA adalah guru belum menerapkan metode pembelajaran yang variatif dan menarik serta kurang melibatkan aktivitas maupun tanggung jawab siswa baik secara individual maupun kelompok.

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode ekpserimen baik dari segi penguasan materi pelajaran maupun motivasi belajar. Penelitian ini dilakasanakan mulai tanggal 3 September 2011 sampai dengan 30 November 2011 di SMP Negeri 2 Jatipurno pada kelas VIII A dengan jumlah peserta didik 32 terdiri dari 18 laki-laki dan 14 perempuan.

Metode pembelajaran eksperimen yaitu dengan melakukan pengujian terhadap pewarna maknan (siklus 1), efek bahan pemutih terhadap lingkungan air (siklus 2), dan pengawet bakso yang menggunakan boraks (siklus 3). Penggunaan metode eksperimen dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa, peran aktif siswa, prestasi belajar siswa secara signifikan disamping itu juga menumbuhkan rasa keingintahuan dan sikap kritis terhadap permasalahan kehidupan sehari-hari yang terjadi, serta dapat mempengaruhi terhadap perbaikan kinerja guru dalam pembelajaran.

Kata Kunci : Eksperimen, Pretasi Belajar

Laporan PTK Margono B.S, S.Pd

image

ABSTRAK

 

Judul : Pembelajaran Model Answered Question untuk Mengatasi Siswa Dalam Menyampaikan Gagasan secara Lisan pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VII Semester 2 SMP ISS Jatipurno Kabupaten Wonogiri Tahun 2012 Oleh Margono B.S, S.Pd. Pembelajaran Model Answered Question adalah model pembelajaran yang bertujuan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan menyampaikan gagasan secara lisan.

Latar belakang pemgembangan model pembelajaran ini, adalah : 1) Agar kegiatan pembelajaran bermakna bagi kehidupan peserta didik sesuai dengan karakteristik materi IPA. 2) peserta didik memiliki ketrampilan yang rendah untuk menyampaikan gagasan secara lisan, Sehingga perlu adanya model pembelajaran alternative untuk menumbuhkan keberanian, kreatifitas dan sikap kritis. 3) Peserta didik memiliki prasyarat yang memadai untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya, sehingga kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik dapat berkembang optimal.

Pembelajaran Model Answered Question berpijak pada Question Learning, dimana untuk memahami masalah seseorang terlebih dahulu diawali dengan proses bertanya. Dengan bertanya seseorang akan berupaya menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan. Istilah Answered Question dalam tulisan ini Answered Question diartikan sebagai pertanyaan berjawab.

Model pembelajaran ini, mengkondisikan peserta didik untuk memahami masalah melalui kegiatan membuat (baca: membangun) pertanyaan, dan mencari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan. Untuk membangun sebuah pertanyaan peserta didik terlebih dahulu dibekali dengan berbagai referensi, melalui metode ceramah, metode penugasan, metode diskusi (Siklus) pada siklus II penugasan dan langkah-langkah pembelajaran diberikan kepada siswa sebelum pelaksanaan pembelajaran.

Proses tanya jawab ini, merupakan inti dari kegiatan pembelajaran Model Answered Question. Pada sesi ini guru memiliki peran penting untuk mengarahkan dan memotivasi peserta didik. Guru harus mendokumentasi berbagai aktivitas dalam bentuk penilaian.

Berdasarkan analisa hasil belajar, model pembelajaran Model Answered Question terbukti secara meyakinkan dapat meningkatkan pertisipasi peserta didik untuk terlibat dalam kegiatan pembelajaran, dan mengoptimalkan kemampuan menyampaikan gagasan secara lisan melalui kegiatan bertanya, menjawab dan menanggapi persoalan.

Laporan PTK Wasito Setyadi

image

ABSTRAK

Wasito Setyadi. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Pada Materi Bioteknologi Melalui Difusi-Inovasi Praktikum Pembuatan Briket Bioarang Pada Siswa Kelas IX A Semester Genap SMP Negeri 3 Sidoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011. Wonogiri 2011.

Proses pembelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 3 Sidoharjo Kabupaten Wonogiri masih kurang menyenangkan. Para siswa belum menunjukkan semangat yang tinggi dan belum antusias mengikuti pelajaran IPA Biologi, sehingga prestasi belajar siswa cukup rendah. Pembelajaran yang menyenangkan merupakan situasi yang didambakan oleh semua pihak. Pembelajaran bermakna yang mampu memotivasi belajar siswa dapat diciptakan oleh guru biologi melalui praktikum biologi berbasis life skills.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah memberi informasi ilmiah dan gambaran faktual tentang Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Pada Materi Bioteknologi Melalui Difusi-Inovasi Praktikum Pembuatan Briket Bioarang pada Siswa Kelas IX A Semester Genap SMP Negeri 3 Sidoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011.

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2011 minggu keempat (Pertemuan Pertama/Siklus 1) dan bulan Februari 2011 minggu kedua (Pertemuan Kedua/Siklus 2) di SMP Negeri 3 Sidoharjo pada kelas IXA yang terdiri 33 siswa.

Hasil akhir penelitian menghasilkan peningkatan proses pembelajaran yang diikuti dengan kualitas pembelajaran sekaligus perubahan tingkah laku. Hasil lengkap ditunjukkan pada deskripsi proses pembelajaran dan hasil pembelajaran dimana pada akhir siklus kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan terlebih dahulu terlampaui.

Kata Kunci : Praktikum, Difusi-Inovasi, Briket Bioarang, Motivasi Belajar

Daftar Anggota MGMP BERMUTU Sanggar 9 IPA

Berikut ini anggota MGMP Bermutu Sanggar 9 IPA SMP Kabupaten Wonogiri :

clip_image002

SMPN 1 Sidoharjo

1

Eddy Noerhajanto, S.Pd.

 

2

Sih Damrini, S.Pd

     

SMPN 2 Sidoharjo

1

Drs.Sularso

 

2

Nur Karimah, S.Pd

 

3

Tutik Erwanti, S.Pd

     

SMPN 3 Sidoharjo

1

Wasito Setyadi, S.Pd. M.Pd

 

2

Sri Lestari, S.Pd

 

3

Widya Ariyani, S.Pd

     

SMPN 1 Girimarto

1

Kurnia Wijayanti B. S.Si

     

SMPN 2 Girimarto

1

Agus Sisyanto,S.Pd

 

2

Triyatno,S.Pd

 

3

Eko Purwanto, S.Pd

     

SMPN 3 Girimarto

1

Bambang Isdiyanto,S.P.

     

SMPN 1 Jatipurno

1

Agata Margareti, S.Pd

 

2

Ika Riani,S.Pd

     

SMPN 2 Jatipurno

1

Slamet Riyadi, S.Pd. M.Pd.

 

2

Lylik Sugiharto, S.Pd.

     

Smp N 3 Jatipurno

1

Teguh Prayitno,S.Pd.Si

     

SMP GM 9 Sidoharjo

1

Parmo, S.Pd

     

SMP LIS Jatipurno

1

Margono Bambang, S.Pd

Foto Kegiatan

Inilah foto-foto kegiatan MGMP BERMUTU IPA Sanggar 9 Kabupaten Wonogiri Tahun 2011/2012

clip_image002

Sambutan Ketua Sanggar saat Inservice

clip_image004

Peserta Inservis Mengikuti Kegiatan

clip_image006

DCT IPA Rayon Wonogiri

clip_image008

DCT memaparkan materi Inservice

clip_image010

Kepala Sekolah Inti bersama Ketua Sanggar 9

clip_image012

Peserta Memperhatikan Materi

clip_image014

Guru Pemandu Menyajikan PIGP

clip_image016

Peserta Menyelesaikan Tugas

clip_image018

Guru Pemandu menyajikan materi PKB

clip_image020

Peserta mengikuti pertemuan rutin

clip_image022

Tanya Jawab Guru Pemandu dan Peserta

clip_image024

Guru Pemandu menyajikan PK Guru

clip_image026

Memperhatikan penjelasan materi

clip_image028

Peserta serius menerima materi

clip_image030

Menyelesaikan tugas

clip_image032

Kondisi Pertemuan Rutin

clip_image034

Refleksi dan Tindak Lanjut Kegiatan

clip_image036

Peserta serius mengikuti Refleksi

clip_image038

Sambutan Drs. Setyawan, M.Pd

clip_image040

Pertemuan rutin sanggar 9

clip_image042

Guru Pemandu menyajikan PKB

clip_image044

Study Visit ke Sanggar 2

clip_image046

Study Visit ke Sanggar 2

clip_image048

Diskusi dalam Study Visit

clip_image050

Pertemuan Rutin Sanggar 9

clip_image052

Pertemuan Rutin Sanggar 9

clip_image054

Pertemuan Rutin Sanggar 9

clip_image056

Pertemuan Rutin Sanggar 9

clip_image058

Penyelesaian Tagihan

clip_image060

Pembimbingan PTK oleh pemandu

Susunan Pengurus MGMP IPA SMP Sanggar 9 Kabupaten Wonogiri

 

clip_image002

 

1

Drs.SULARSO

KETUA

2

AGATA MARGARETI, S.Pd

SEKRETARIS

3

SRI LESTARI, S.Pd

BENDAHARA

4

SLAMET RIYADI, S.Pd., M.Pd.

GURU PEMANDU

5

WASITO SETYADI, S.Pd. M.Pd

GURU PEMANDU

6

LYLIK SUGIHARTO, S.Pd.

BID. PERENCANAAN

7

EDDY NOERHARJANTO, S.Pd.

BID. PENGEMBANGAN

8

TRIYATNO,S.Pd

BID. HUMAS DAN KERJASAMA

Kontak Kami

 

clip_image002

MGMP IPA SMP PROGRAM BERMUTU SANGGAR 9

 

Alamat : SMP Negeri 2 Sidoharjo

Sidoharjo, Wonogiri

HP 081329033518

Friday, December 7, 2012

PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL BIOLOGI

Berikut ini prediksi soal Ujian Nasional tahun pelajaran 2011/2012 :

Buku Tamu

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons