Saturday, December 8, 2012

Laporan PTK Margono B.S, S.Pd

image

ABSTRAK

 

Judul : Pembelajaran Model Answered Question untuk Mengatasi Siswa Dalam Menyampaikan Gagasan secara Lisan pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VII Semester 2 SMP ISS Jatipurno Kabupaten Wonogiri Tahun 2012 Oleh Margono B.S, S.Pd. Pembelajaran Model Answered Question adalah model pembelajaran yang bertujuan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan menyampaikan gagasan secara lisan.

Latar belakang pemgembangan model pembelajaran ini, adalah : 1) Agar kegiatan pembelajaran bermakna bagi kehidupan peserta didik sesuai dengan karakteristik materi IPA. 2) peserta didik memiliki ketrampilan yang rendah untuk menyampaikan gagasan secara lisan, Sehingga perlu adanya model pembelajaran alternative untuk menumbuhkan keberanian, kreatifitas dan sikap kritis. 3) Peserta didik memiliki prasyarat yang memadai untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya, sehingga kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik dapat berkembang optimal.

Pembelajaran Model Answered Question berpijak pada Question Learning, dimana untuk memahami masalah seseorang terlebih dahulu diawali dengan proses bertanya. Dengan bertanya seseorang akan berupaya menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan. Istilah Answered Question dalam tulisan ini Answered Question diartikan sebagai pertanyaan berjawab.

Model pembelajaran ini, mengkondisikan peserta didik untuk memahami masalah melalui kegiatan membuat (baca: membangun) pertanyaan, dan mencari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan. Untuk membangun sebuah pertanyaan peserta didik terlebih dahulu dibekali dengan berbagai referensi, melalui metode ceramah, metode penugasan, metode diskusi (Siklus) pada siklus II penugasan dan langkah-langkah pembelajaran diberikan kepada siswa sebelum pelaksanaan pembelajaran.

Proses tanya jawab ini, merupakan inti dari kegiatan pembelajaran Model Answered Question. Pada sesi ini guru memiliki peran penting untuk mengarahkan dan memotivasi peserta didik. Guru harus mendokumentasi berbagai aktivitas dalam bentuk penilaian.

Berdasarkan analisa hasil belajar, model pembelajaran Model Answered Question terbukti secara meyakinkan dapat meningkatkan pertisipasi peserta didik untuk terlibat dalam kegiatan pembelajaran, dan mengoptimalkan kemampuan menyampaikan gagasan secara lisan melalui kegiatan bertanya, menjawab dan menanggapi persoalan.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons