Saturday, December 8, 2012

Laporan PTK Slamet Riyadi, S.Pd

 

image

ABSTRAK

 

Slamet Ryadi, S.Pd, Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Eksperimen Pada Kelas VIII B SMP Negeri 2 Jatipurno Kab. Wonogiri Tahun 2010/2011 (Upaya Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan).

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Negeri 2 Jatipurno kabupaten Wonogiri berlangsung kurang efektif dan efisien hal ini tercermin dari tingkat penguasaan materi yang cenderung tidak bertahan lama, lebih dari 67 % siswa kelas VIII B belum dapat memahami kompetensi dasar dengan baik sehingga prestasi belajar mereka rendah. Setelah dilakukan observasi dan wanancara dengan siswa, kemudian dilanjutkan sharing ide dengan guru anggota peneliti , serta melihat hasil ulangan harian dan ulangan akhir semester pada kelas VIII, maka sebagai faktor utama yang diprediksikan sebagai penyebab rendahnya penguasaan / pemahaman kompetensi dasar IPA adalah guru belum menerapkan metode pembelajaran yang variatif dan menarik serta kurang melibatkan aktivitas maupun tanggung jawab siswa baik secara individual maupun kelompok.

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode ekpserimen baik dari segi penguasan materi pelajaran maupun motivasi belajar. Penelitian ini dilakasanakan mulai tanggal 3 September 2011 sampai dengan 30 November 2011 di SMP Negeri 2 Jatipurno pada kelas VIII A dengan jumlah peserta didik 32 terdiri dari 18 laki-laki dan 14 perempuan.

Metode pembelajaran eksperimen yaitu dengan melakukan pengujian terhadap pewarna maknan (siklus 1), efek bahan pemutih terhadap lingkungan air (siklus 2), dan pengawet bakso yang menggunakan boraks (siklus 3). Penggunaan metode eksperimen dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa, peran aktif siswa, prestasi belajar siswa secara signifikan disamping itu juga menumbuhkan rasa keingintahuan dan sikap kritis terhadap permasalahan kehidupan sehari-hari yang terjadi, serta dapat mempengaruhi terhadap perbaikan kinerja guru dalam pembelajaran.

Kata Kunci : Eksperimen, Pretasi Belajar

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons