Saturday, December 8, 2012

Laporan PTK Widya Ariyani

image

ABSTRAK

Widya Ariyani, S.Pd. UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI FLASH PADA PEMBELAJARAN IPA–FISIKA KELAS VII SMP NEGERI 3 SIDOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011. Penelitian Tindakan Kelas, SMP Negeri 3 Sidoharjo, September 2011.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media animasi flash dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA-Fisika Kelas VII SMP Negeri 3 Sidoharjo Tahun Pelajaran 2010/ 2011.

Penelitian ini dilakukan di kelas VII E SMP Negeri 3 Sidoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Planning, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dengan menggunakan media animasi flash, 2) Acting, yaitu melaksanakan pembelajaran sesuai perencanaan, 3) Observing, yaitu melakukan pengamatan dengan format pengamatan proses pembelajaran, 4) Evaluating, yaitu melakukan penilaian terhadap hasil penelitian, 5) Reflecting, yaitu data hasil observasi dan evaluasi dianalisis untuk menentukan tindakan dan perencanaan berikutnya. Pada siklus 1, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media animasi flash. Sedangkan pada siklus 2, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media animasi flash yang diperbaiki dengan pengulangan penayangan animasi dan penguatan dari guru.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media animasi flash dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA-Fisika Kelas VII SMP Negeri III Sidoharjo Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Peningkatan motivasi belajar ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Akibatnya, dengan meningkatnya motivasi belajar, hasil belajar siswa lebih meningkat.

1 comments:

ops wilayah 3 said...

unduh dunk

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons